project of mind-uprising!!!

raise ur hand...................
sebuah pemikiran, sebuah harapan, pemaparan tentang apa yang telah usai, semua yang sedang terjadi atau semua yang akan terjadi, sebuah cerita... kebenaran, kebohongan, kepahitan, kebahagian, realita semu atau sekedar pelarian akan berputarnya roda waktu yang tergulir dalam sebuah lembaran - lembaran halaman yang tergores guratan hitam pena sang aryoz, sebuah torehan cerita yang mungkin belum cukup pantas untuk disisipkan dalam lembaran sejarah..... sekedar petualangan pemikiran saja....... welcome to mind exploration!


Thursday, September 24, 2009

PLAGIAT : Argumentasi karya dan kepemilikan

Kira – kira dua hari yang lalu melihat di TV pemberitaan D’Masive mengenai karya – karya nya yang dianggap sebagai copy paste pada berbagai band beserta lagunya. Memang ini bukan perbincangan baru, mengingat karakter di Indonesia ketika sebuah band sedang berada pada titik ketenarannya selalu saja menarik untuk di ulas. Disebutkan bahwa D’Masive sebagai Plagiat, sebab sudah muncul sebelumnya di you tube sebuah upload an lagu – lagu mereka dengan lagu – lagu band luar yang memiliki kesamaan musikalisasi yang telah ada sebelumnya, salah satu similarity pada lagu “Cinta ini membunuhku” dengan “I Dont Love You” punya My Chemical Romance.
Bagi beberapa orang, pemberitaan ini membuat mereka mempertanyakan rasa suka mereka terhadap D’Masive dengan karakter vokalisnya. Sedang yang lain masih tetap suka, sebab memang enak didengar dan mungkin sebagian yag lain memilih cuek dan acuh oleh karena tidak mengerti esensi dari hal ini.
Karya dan kepemilikannya memang sejak ribuan tahun telah menjadi sebuah perdebatan yang tak berujung, sejauh mana dari sisi kita memandangnya. Seorang filsuf yunani berujar “Tidak ada sesuatu yang benar – benar baru” sehingga semua yang ada hanyalah pengulangan dan pengulangan saja (Repeatation). Sehingga sebuah karya sesorang / kelompok yang dulu pernah ada memiliki peluang yang sangat besar untuk terulang dan diciptakan sesorang / kelompok di masa mendatang atau saat ini. Ada baiknya kita mengambil salah satu sudut pandang bahwa jangan pernah berpikir akan sesuatu yang kita pikirkan belum pernah terpikirkan sebelumnya, bahkan seorang tokoh yunani berpendapat bahwa apabila apa yang kita pikirkan menjadi sebuah konsep belum pernah dipikirkan sebelumnya oleh orang lain adalah Haram hukumnya. Sehingga adanya kesamaan akan karya seseorang dengan yang lainnya adalah sebuah kewajaran (secara objektif), setidaknya melalui proses ATM (amati, tiru dan modifikasi). Sehingga penciptaan sebuah karya tentu akan menghasilkan sesuatu yang meski tampak sama / serupa namun masih tetap memiliki karakteristik sendiri, pembeda.
Sebuah kesempatan atau peluang, seringkali datangnya tiba – tiba dan menyelinap. Oleh karena itu kita harus benar – benar jeli dalam mengambil langkah. Sesuatu yang telah kita pikirkan dan tertuang pada sebuah konsep dan apabila tidak segera di aplikasikan, maka jangan heran dan menyesal apabila tak lama kemudian hal itu telah ada dan menjadi milik orang lain. So you better hurry the time you got something is incredable genuine to be conduct my friends . . . the sooner the better!

No comments:

Post a Comment

hi there... just visit, just read or just kiddin! sumonggo, its okay... dont get mad or get wet.. he...